Tags

,

Dalam suatu pendidikan konservasi yang dibutuhkan adalah bagaimana mengembangkan pemahaman dan merubah tingkah laku, bukan memperbanyak pengetahuan.

Beberapa pengertian dari Pendidikan Lingkungan diantaranya adalah:

  • Proses yang membantu manusia melalui pendidikan formal dan non/informal untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan nilai yang dapat menjadikan manusia berperan secara aktif dan menginformasikan kepada penduduk untuk perkembangan ekologi yang berkelanjutan dan sosial kemasyarakatan. (Asean, 2001).
  • Usaha sadar dari individu atau sekelompok orang atau organisasi untuk membangun persepsi bagi individu, kelompok atau yang lain baik secara formal maupunnon-formal sehingga sasaran mempunyai pengetahuan, pemahaman, sikap, nilai, ketrampilan dan tanggngjawab terhadap lingkungan.  Jika memungkinkan, dapat diberikan dengan suatu seni yang menarik sehingga sasaran lebih terkesan sehingga mau ikut menyelamatkan lingkungan dan tidak menimbulkan masalah baru bagi lingkungan. (Muntasib, 2002).
  • Upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyaakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketramilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnta dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang (Kementrian Lingkungan Hidup, 2005).
Proses pendidikan yang dibutuhkan adalah bagaimana mengembangkan pemahaman dan merubah tingkah laku, bukan memperbanyak pengetahuan
Advertisements