Tags

Banyak teman-teman yang bertanya kepada saya bahkan dengan lantang mengeluarkan statement “kecepatan downloadku cepet dong 384 kbps, gak sperti punyamu” atau bahkan yang sangat kasihan sekali “punyaku 256 kbps tapi kok sangat lambat sekali downloadnya”. Penjelasan KBps dan kbps adalah 2 hal yang “SANGAT” berbeda akan tetapi sangat sulit dibedakan dalam “PENGUCAPAN” dan sering menimbulkan salah pengertian. Dua kata tersebut memiliki perbedaan yang sedikit tapi sangat berarti, KBps menggunakan huruf B besar dan kbps satunya lagi menggunakan huruf b kecil, yang artinya KBps adalah KiloByte per second sedangkan kbps adalah kilobit per second. Penyedia layanan internet menyebutkan kecepatan akses mereka dengan kbps sedangkan kecepatan download yang tertera di komputer biasanya adalah KBps.
Hal ini sering menimbulkan pertanyaan “katanya 256 kbps kok dapatnya waktu download cuman 32 KBps ?
Kalau dijabarkan, jika 1 Byte = 8 bit artinya bila berlangganan 1 Mbps Dedicated dan dapatnya adalah 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps

Jika kecepatan 256 kbps maka yang didapat adalah 256/8= 32 KBps
Jika kecepatan 384 kbps maka yang didapat adalah 256/8= 48 KBps

Begitu juga sebaliknya untuk mengetahui berapa bandwidth yang didapat dari provider dengan melihat satuan yang didapat dari download misal :

Jika tertera 10kBps maka kecepatan yang di dapat dari provider adalah 10X8=90kbps
Jika tertera 20kBps maka kecepatan yang di dapat dari provider adalah 20X8=160kbps
Tetapi kecepatan tersebut tidak bisa menjadi patokan 100%, karena biasanya pada saat download kita juga melakukan browsing, chatting atau bahkan melakukan download file yang lainnya.

Contoh kasus:
Saya berlangganan IM2 yang menjanjikan kecepatan 265 kbps dalam limit kuota download 2GB (Produk lama), kalau yang 2,5GB (produk baru). Ketika mendownload sebuah file dan masih dalam kuota kecepatan downloadnya menjadi 256 kbps/8 = 32 KBps dan setelah waktu kuota habis kecepatan mendownload turun menjadi 64 kbps/8 = 8 KBps.
Tetapi realita yang terjadi sekarang ketika masa kuota habis kecepatan downloadku turun sangat drastis, jangankan mencapai 8 KBps yang sudah dijanjikan. Mencapai 2 KBps saja tidak sampai dan itu sangat membuang waktu dalam menunggu dan seharusnya PT. Indosat Mega Media bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan ini untuk memuaskan pelanggannya. Kecewa pisan euy…!!!
Nah…sudah mengertikan .

Advertisements